aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

4 Jenis Biaya Kualitas Lengkap dengan Contohnya

Berbicara mengenai kualitas produk tentunya membutuhkan kekuatan yang lebih, termasuk kekuatan pembiayaan.

Untuk menciptakan produk berkualitas dibutuhkan biaya agar bisa sesuai standar yang sudah ditentukan.

Biaya kualitas sendiri merupakan biaya yang terjadi karena kualitas yang buruk. Hal ini berarti biaya kualitas tercipta karena berhubungan dengan penciptaan, pengidentifikasian, perbaikan dan juga pencegahan kerusakan.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis biaya kualitas dan juga contohnya.

Mari kita mulai...

Biaya Kualitas, Jenis Biaya Kualitas

4 Kategori Biaya Kualitas

Berikut adalah beberapa jenis biaya kualitas, yaitu:

1. Biaya Pencegahan

Biaya pencegahan berhubungan dengan biaya untuk mencegah terjadinya kerusakan pada produk yang meliputi perancangan, pelaksanaan dan juga pemeliharaan sistem kualitas.

Pada biaya pencegahan ini memiliki beberapa jenis biaya lagi, yakni:

a. Biaya perencanaan kualitas

b. Biaya tinjauan produk baru

c. Biaya rancangan proses atau produk

d. Biaya pengendalian proses

e. Biaya pelatihan

f. Biaya audit kualitas

2. Biaya Deteksi atau Penilaian

Tujuan dari biaya deteksi atau penilaian ini adalah untuk menghindari kesalahan pada proses perusahaan. Biaya ini digunakan untuk menentukan apakah suatu produk sudah memenuhi standar atau belum.

Ada beberapa biaya yang termasuk dalam biaya deteksi, yaitu:

a. Biaya pemeriksaan dan pengujian bahan baku

b, Biaya pemeriksaan dan pengujian produk

c. Biaya pemeriksaan kualitas produk

d. Biaya evaluasi persediaan

3. Biaya Kegagalan Internal

Biaya kegagalan internal terjadi ketika produk yang dihasilkan oleh perusahaan tidak sesuai dengan persyaratan sebelum dikirim ke konsumen.

Beberapa contoh biaya kegagalan internal adalah sebagai berikut:

a. Biaya sisa bahan

b. Biaya pengerjaan ulang

c. Biaya untuk memperoleh bahan baku

d. Factory contact engineering cost

4. Biaya Kegagalan Eskternal

Biaya kegagalan eksternal berhubungan langsung dengan reputasi perusahaan di mata pelanggan. Sebab dalam hal ini produk akan bertemu langsung dengan konsumen.

Oleh karena itu, biaya kegagalan eksternal perusahaan merupakan biaya yang terjadi karena produk gagal memenuhi standar setelah dikirim ke pelanggan.

Biaya yang termasuk dalam kegagalan eksternal adalah sebagai berikut:

a. Biaya penanganan keseluruhan selama masa garansi

b. Biaya penanganan keluhan di luar masa garansi

c. Biaya pelayanan produk

d. Product liability cost

e. Biaya penarikan kembali produk.


Semoga bermanfaat!

Related Posts

Related Posts

Posting Komentar