aaWnxJmZI5JY8FKCUvVg7FjFvZvkz69jLNXN7cby

4 Karakteristik Utama Jasa dan Contohnya

Jasa, Karakteristik Utama Jasa, Karakteristik Utama Jasa dan Contohnya

Dalam ilmu ekonomi dikenal 2 produk, yaitu barang dan jasa.

Secara sederhana, barang merupakan produk yang terlihat sedangkan jasa merupakan produk yang tidak terlihat.

Menurut Stanton, jasa adalah pemberian suatu tindakan tidak kasat mata dari satu pihak kepada pihak lain.

Pada jasa memiliki karakteristik khusus.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengena karakteristik jasa menurut para ahli.

Mari kita mulai...

Tidak Berwujud (Intangibility)

Karakteristik jasa yang pertama adalah tidak berwujud.

Jasa tidak dapat dilihat, dirasakan, diraba, dicium maupun dirasakan sebelum dibeli.

Contohnya, ketika naik pesawat pesawat terbang. Kamu tidak tidak bisa merasakan apapun sebelum menikmati naik pesawat terbang tersebut.

Artinya, kamu harus naik pesawat itu baru bisa merasakan bagaimana kesannya.

Tidak Terpisah (Inseparability)

Kemudian, jasa tidak bisa dipisahkan dari penyedia atau sumbernya. Jika dipisahkan maka tidak akan menghasilkan suatu jasa.

Hal ini karena jasa diproduksi dan dikonsumsi secara bersamaan.

Berbeda dengan barang fisik yang diproduksi, lalu disimpan, dijual dan baru dikonsumsi.

Contoh karakteristik jasa inseparability ketika menonton konser. Hal yang kita nikmati adalah artisnya. Nah, jika artisnya tidak ada maka kita tidak bisa menikmati jasa tersebut.

Bervariasi (Variability)

Selanjutnya, karakteristik jasa adalah bervariasi.

Variasi jasa tergantung pada siapa yang menyediakan jasa. Mulai dari variasi bentuk, kualitas dan juga jenis.

Contohnya, Ketika menginap di hotel bintang paling favorit di Jakarta. Meskipun banyak sekali hotel di Jakarta, akan tetapi hotel favorit tersebut akan menjadi pilihan utama.

Tidak Tahan Lama (Perishability)

Perishability adalah tidak tahan lama.

Suatu jasa tidak bisa disimpan apalagi dijual ulang karena sifatnya yang hanya sementara.

Contoh karakteristik jasa perishability adalah ketika periksa ke dokter. Kamu harus membayar tiap konsultasi dan setiap kali konsultasi kamu harus membayarnya.

Artinya, aktivitas konsultasi ke dokter tersebut tidak bisa disimpan.

Kesimpulan

Terdapat 4 karakteristik utama jasa, yaitu
  1. Tidak Berwujud
  2. Tidak Terpisah
  3. Bervariasi
  4. Tidak Tahan Lama

Semoga bermanfaat!
Related Posts

Related Posts

Posting Komentar