Sesuatu perusahaan dapat berfokus pada sebagian bidang cocok dengan pemasaran ataupun pelayanannya.
Terdapat bermacam jenis perusahaan yang digolongkan sesuai bentuknya, yakni perusahaan dagang, jasa, marger, perekutuan, serta lain sebagainya.
Pada artikel berikut ini akan membahas mengenai ciri-ciri perusahaan jasa.
Berikut ini ciri-ciri beserta penjelasan tentang perusahaan jasa yang perlu diketahui.
Pengertian
Perusahaan jasa merupakan suatu badan usaha dengan kegiatan utama untuk memberika pelayanan kepada konsumen secara maksimal, dengan sumber pendapatan yang diperoleh berasal dari hasil pelayanan yang diberikan.
Ada pula untuk menetapkan harga pada tiap pelayanan bergantung pada mutu layanan serta target pelanggan yang diseleksi oleh perusahaan.
Ciri-Ciri
Tidak Memiliki Wujud
Perusahaan jasa tidak menjual suatu jasa yang wujudnya tidak dapat dipegang oleh konsumen namun dapat dirasakan. Hal tersebut adalah ciri khusus dari perusahaan jasa.
Nilai kepuasan konsumen merupakan kunci kesuksesan dari sebuah perusahaan jasa yang diperoleh setelah memakai pelayanan jasa perusahaan tersebut.
Tidak Terdapat Penyimpanan
Perusahaan jasa dengan perusahaan barang jelas berbeda, seperti halnya untuk perusahaan jasa service pastinya tidak perlu tempat penyimpanan.
Bila ingin menggunakan jasa tersebut bisa dengan sistem panggilan ataupun datang ke kantor. Hal tersebut menandakan penjualan berupa jasa, jadi tidak adanya penyimpanan.
Pembelian dan Pemanfaatan Tidak Dapat Dipisahkan
Jika konsumen menggunakan jasa tidak dapat dipisahkan antara waktu beli dan pemanfaatannya. Hal tersebut membuat jasa harus dilakukan sekaligus antara produksi dan konsumsi.
Memiliki Sifat yang Sama
Ada bermacam-macam jenis jasa dan memiliki kualitas yang berbeda. Namun, pelayanan jasa akan tetap sama, tetapi akan berbeda dalam hal kepuasan pelanggan.
Tidak Ada Persediaan Produk
Tidak adanya stok produk dalam perusahaan jasa, dikarenakan memang yang dijual adalah pelayanan.
Pelayanan yang baik merupakan kunci utama jika ingin mendatangkan pelanggan dengan terus menerus.
Ketetapan Harga Tidak Pasti
Adanya beragam variasi beragam yang ditawarkan akan membuat perusahaan jasa berhak menetapkan tarif harga sesuai dengan servis yang diberikan.
Jika semakin baik servis yang diberikan, maka harga pun akan semakin mahal. Penetapan harga juga tergantung berdasarkan sasaran pasar yang akan di pilih.
Tidak Terdapat HPP
Dasar penetapan harga bukanlah dari HPP, namun berdasarkan perhitungan lain yang bisa menutup segala kebutuhan selama pelayanan.
Seperti harga pelayanan dan produk tambahan yang biasa dipakai dalam proses pelayanan.
Terdapat Faktor Pendapatan
Hasil yang diperoleh berbentuk penghasilan. Penghasilan hendak digunakan untuk mengaji karyawan serta membeli bahan tambah guna menunjang pelayanan.
Sisa dari seluruh anggaran yang sudah digunakan baru masuk dalam keuntungan penjualan.
Mempunyai Modal yang Besar
Jasa memerlukan banyak benda yang digunakan untuk melayani pelanggannya. Mulai dari perlengkapan yang digunakan, peralatan, pelayan, serta lain- lain.
Seluruh benda yang diperlukan untuk operasional wajib disediakan terlebih dulu, hingga memerlukan banyak pengeluaran.
Memerlukan Tenaga Kerja Dengan Keterampilan Tertentu
Jasa berkaitan dengan kemampuan dalam bidang tertentu sehingga memerlukan pelayan yang terampil pada bidang tertentu.
Misal bengkel mobil memerlukan montir, salon kecantikan memerlukan orang yang dapat dibidangnya, tukang cukur rambut memerlukan orang yang pakar, tukang pijat, serta lain- lain.
Semoga Bermanfaat!