Aktivitas ekonomi di dunia tidak bisa lepas dari aktivitas produksi, distribusi dan juga konsumsi. Tiga komponen tersebut akan terus berjalan.
Aktivitas diatas tidak bisa berjalan tanpa adanya usaha atau bisnis yang dijalankan untuk memenuhi kebutuhan. Oleh karena itu pengelolaan bisnis sangat penting bagi kelangsungan hidup usaha.
Pada artikel kali ini akan membahas mengenai pihak-pihak yang terlibat dalam pengelolaan bisnis.
Mari kita mulai...
Pihak-pihak dalam Pengelolaan Bisnis
Pemilik Modal
Kegiatan bisnis sangat membutuhkan dana yang besar untuk terus bisa bertahan dalam persaingan. Oleh karena itu, dibutuhkan dana agar usaha bisa berjalan sesuai harapan.
Apalagi persaingan bisnis saat ini sangat ketat sekali. Peran pemodal diperlukan demi menjaga kelangsungan usaha supaya tidak mati.
Manajer
Sebagai pihak yang bertanggungjawab terhadap kelangsungan bisnis, manajer bisa berperan sebagai pemimpin. Selain itu, pengarahan dan pengawasan terhadap bawahan juga harus dilakukan agar sesuai dengan tujuan bisnis yang sudah ditentukan dan juga bisa berjalan secara efektif dan efisien.
Manajer mempunyai peran yang sangat penting dalam perusahaan. Tugas dan tanggung jawab seorang manajer (baik atau tidak) bisa menentukan keberlangsungan perusahaan.
Tenaga Kerja
Karyawan atau tenaga kerja merupakan pihak yang berperan dalam penciptaan produk atau jasa secara langsung. Mulai dari produksi sampai pemasaran.
Tenaga kerja yang baik akan membawa perusahaan sukses sesuai dengan tujuan. Sebaliknya, tenaga kerja yang kurang baik akan menghambat kemajuan perusahaan.
Konsumen
Konsumen juga merupakan pihak yang tidak kalah penting sebagai pihak pengelola bisnis. Konsumen adalah pemakai produk atau jasa dari perusahaan atau organisasi bisnis.
Tanpa adanya konsumen, produk atau jasa yang ditawarkan tidak bisa dijual dan berakibat pada tidak didapatnya profit oleh perusahaan.
Kesimpulan
Ada empat pihak yang terlibat dalam pengelolaan bisnis
1. Pemilik Modal
2. Manajer
3. Tenaga Kerja
4. Konsumen
Semoga bermanfaat!
Referensi:
Alteza, Muniya. Pengantar Bisnis: Teori dan Aplikasi di Indonesia.