Pengertian OKR
OKR adalah singkatan dari Objectives dan Key Result. Merupakan suatu cara atau alat yang digunakan untuk mencapai tujuan, baik individu maupun perusahaan supaya lebih efektif dan efisien.
Penetapan tujuan yang menantang dan ambisius bisa dilakukan dengan baik karena mempunyai dasar yang jelas.
Secara sederhana,
Objective adalah tujuan atau goal
Key Results adalah hasil dari tujuan yang ingin dicapai.
Menurut What Matters, OKR bisa digunakan untuk melacak kemajuan, membuat keselarasan dan mendorong keterlibatan di sekitar dengan tujuan yang terukur.
Contoh OKR
Contoh OKR Individu
Kegunaan OKR bisa dilakukan dalam lingkup individu yang mana ingin menetapkan suatu target atau kebiasaan baru.
Dalam hal ini kami memberi contoh mengenai individu yang tidak produktif karena selalu terdistrak oleh media sosial.
Objective
Mengurangi Penggunaan Media Sosial Agar Lebih Produktif
Key Results
1. Tidak bermain media sosial sehabis dan sebelum tidur
2. Menjauhkan gadget saat bekerja
3. Uninstal media sosial yang jarang digunakan.
Setelah mengetahui contoh objective key result dalam individu, selanjutnya adalah contoh penerapan OKR dalam skala perusahaan.
Contoh OKR Perusahaan
Kali ini kami akan membahas OKR dalam perusahaan sepatu. Nantinya akan terbagi menjadi beberapa divisi.
Objective
Memperoleh pendapatan 1 miliar dalam 6 bulan
Key Results
1. Merekrut 1.000 orang karyawan
2. Mengurangi produk gagal dari 5% menjadi 2%
3. Meningkatkan gross profit dari 20% menjadi 30%
Selanjutnya, OKR perusahaan yang menjadi tujuan tersebut diteruskan ke divisi-divisi dibawahnya. dengan skema seperti dibawah ini.
Contoh OKR HR
Human resource mempunyai fungsi yang berhubungan dengan karyawan yang dibutuhkan oleh perusahaan. Mencapai karyawan yang tepat dan berusaha mengembangkan keterampilan dan keharmonisan antar karyawan.
Dalam hal ini merupakan sekaligus contoh OKR karyawan, karena berhubungan langsung dengan karyawan perusahaan.
Objective
Merekrut dan meningkatkan kinerja karyawan
Key Results
1. Merekrut 200 karyawan baru per bulan untuk meningkatkan produksi
2. Meningkatkan kemampuan karyawan dengan program pelatihan per 3 bulan sekali
3. Meningkat fasilitas yang menunjang kinerja karyawan
Contoh OKR Marketing
Kegiatan marketing berhubungan dengan aktivitas untuk mempromosikan produk secara luas sehingga dikenal oleh masyarakat.
Objective
Meningkatkan jangkauan calon konsumen hingga 20 juta orang
Key Results
1. Meningkat pengikut media sosial hingga 80%
2. Optimasi copywriting
3. Optimasi paid traffic
Contoh OKR Sales
Sales berhubungan dengan penjualan sepatu pada perusahaan.
Objective
Meningkatkan penjualan menjadi 200 pcs perhari
Key Results
1. Meningkatkan jumlah chat masuk menjadi 2.000 per hari
2. Mendapatkan pendapatan 200 juta per bulan
3. Mengurangi jumlah cancel order dari 5% menjadi 1%
Contoh OKR Finance
Dari namanya sudah tahu bahwa divisi ini yang menangani keuangan perusahaan.
Objective
Meningkatkan margin perusahaan
Key Results
1. Meningkatkan margin operasional dari 67% menjadi 75%
2. Menurunkan biaya operasional dari 130 juta menjadi 100 juta
3. Meningkatkan margin kotor dari 30% menjadi 40%
Kesimpulan
OKR adalah suatu kerangka sederhana yang membantu untuk mencapai tujuan.
Implementasi OKR sangat luas, bisa dalam lingkup individu maupun perusahaan.
Semoga bermanfaat!