Cara membangun brand awareness memang tidak mudah, butuh konsistensi dan ketekunan untuk bisa mencapai hal tersebut. Begitu juga dengan upaya untuk meningkatkan brand awareness.
Menurut Kartajaya (2010:64), pengertian brand awareness adalah kemampuan konsumen potensial untuk mengenali atau juga mengingat merek tersebut lagi bahwa merek itu adalah bagian dari kategori suatu produk.
Berikut adalah brand awareness strategies atau cara membangun dan meningkatkan brand awareness versi mingseli.id
Mari kita mulai...
Membuat Logo dan Tagline
Logo merupakan sebuah simbol yang melambang suatu perusahaan secara sekilas. Membuat logo akan memudahkan orang untuk mengenal perusahaan.
Selain itu, penggunaan tagline atau slogan juga dapat membangun brand awareness.
Just Do It.
Indomie seleraku
Think Different
Kata-kata diatas merupakan slogan dari perusahaan terkemuka. Hanya dengan membaca atau mendengarnya pasti kalian sudah mengenali itu perusahaan apa.
Membuat Website
Website bisa diibaratkan seperti rumah dalam bentuk digital. Semua informasi terkait perusahaan bisa kamu cantumkan di website agar pembeli atau pengunjung bisa melihat dengan jelas informasi mengenai perusahaanmu.
Tampilan website yang menarik juga perlu dipertimbangkan agar pengunjung tidak merasa bosan dan betah. User experience yang mudah dan tidak membingungkan juga menjadi komponen penting dalam menunjang website yang baik.
Media sosial
Selain memiliki rumah sendiri (website), kamu juga bisa numpang dilapak orang dengan menggunakan media sosial.
Menggunakan media sosial adalah cara paling umum yang banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan karena mudah untuk mendapatkan jangkauan secara gratis.
Banyak media sosial yang bisa digunakan, misalnya, YouTube, TikTok, Instagram bahkan Facebook.
Pastikan pengolahan akun media sosial sudah direncakan sebelumnya agar konten yang dibuat tidak kacau.
Content Marketing
Masih berhubungan dengan penggunaan media sosial, membuat konten marketing juga menjadi salah satu andalan yang dapat meningkatkan jumlah pengikut sekaligus membangun brand awareness.
Pembuatan konten seperti tips-tips dan edukasi akan membuat citra yang baik bagi perusahaan.
Influencer Marketing
Influencer merupakan seseorang yang mempunyai banyak pengikut di media sosialnya sehingga cukup berpengaruh terhadap lingkungan sekitar.
Memakai jasa influencer juga tidak ada salahnya, cara ini banyak dipakai dengan istilah endorse.
Cara ini banyak dipakai karena harganya yang relatif terjangkau daripada menggunakan artis.
Merchandise
Merchandise merupakan pernak pernik atau buah tangan yang bisa kamu gunakan dalam brand awareness strategy.
Pernak pernik seperti stiker, kaos, totebag atau bahkan sepatu bisa kamu gunakan. Penggunaan merchandise ini secara tidak langsung akan mempromosikan perusahaanmu ketika penggemarmu memakainya.
Mengikuti Event
Ikut serta dalam sebuah acara juga bisa membangun brand awareness yang positif.
Misalnya, usaha kamu bergerak di bidang makanan.
Jika ada acara bazar atau kompetisi kamu bisa mengikuti acara tersebut. Selain bisa mendapatkan pembeli, orang-orang juga akan mengetahui usahamu.
Giveaway
Cara ini memang ampuh untuk meningkatkan jangkauan dalam waktu yang singkat. Bayangkan, siapa yang tidak suka dengan hadiah gratis? Hampir semua orang pasti menyukainya.
Namun, cara ini juga membuat fans atau penggemarmu cepat pergi jika kamu tidak memberikan hadiah gratis secara berkelanjutan.
*hati-hati dengan cara ini.
Sekian dulu cara yang bisa kamu lakukan untuk membangun dan meningkatkan brand awareness bagi usahamu.
Semoga bermanfaat!