Direct marketing adalah strategi penjualan dengan cara memasarkan produk yang dijual secara langsung kepada calon konsumen.
Pada artikel kali ini akan dibahas lengkap mengenai direct marketing.
Mari kita mulai...
Pengertian Direct Marketing
Pengertian direct marketing menurut para ahli:
Suyanto (2007:219)
Menjelaskan bahwa direct marketing merupakan sistem marketing yang dalam implementasinya menggunakan saluran langsung untuk menjangkau pelanggan dan menyediakan produk kepada pelanggan tanpa perantara.
Davit Shepard (1993:3)
Menyatakan bahwa pemasaran langsung adalah proses pemasaran informasi, membuat suatu kemungkinan dengan teknologi database. Pemasar bisa mengembangkan, menguji, mengimplementasikan dan mengukur sertaa juga bisa menetapkan perubahan dan menyesuaikan program dan juga strategi pemasaran.
Kotler & Armstrong (2012)
Mendefinisikan direct marketing sebagai suatu hubungan langsung dengan pembeli untuk memperoleh respon segera mungkin dan mendapatkan loyalitas dari konsumen.
Duncan (2002:573)
Mengungkapkan bahwa direct marketing (pemasaran langsung) adalah cara yang digunakan untuk menjalin komunikasi langsung dengan konsumen. Sistem pemasaran langsung ini dinilai efektif karena mempunyai kekuatan untuk berinteraksi dan menjalin komunikasi dengan konsumen dengan memanfaatkan berbagai media.
Tjipro & Chandra (2012)
Mengartikan pemasaran langsung sebagai metode pemasaran dengan menggunakan berbagai media, seperti katalog, email, pos, tv dan juga telepon.
Lynne De Weaver
Pengertian direct marketing adalah suatu cara yang digunakan dalam kegiatan bisnis dalam upaya menempatkan penekanan lebih kepada pelanggan daripada produknya.
Hermawan (2012)
Menurutnya, pemasaran langsung (direct marketing) merupakan suatu komunikasi langsung kepada konsumen dengan tujuan untuk mendapatkan respon dengan harapan terjalin hubungan yang berlangsung lama.
Abdi (2009:1)
Definisi direct marketing adalah menggunakan media promosi yang melibatkan jumlah satuan kegiatan yang mana penjual ingin menimbulkan respon kepada konsumen.
Karakteristik Direct Marketing
Pemasaran langsung menggunakan strategi memunculkan respon ke konsumen. Respon tersebut dapat berupa berbagai macam tindakan. Misalnya, pembelian, penyelidikan atau rujukan.
Karakteristik pemasaran langsung yaitu:
- Non-Publik, artinya pemasaran ditargetkan kepada orang-orang tertentu dengan segmen pasar yang telah ditentukan.
- Disesuaikan, karena targetnya telah ditentukan, isi pesan yang akan di gunakan dalam pemasaran juga disesuaikan dengan target. Misalnya target anak-anak, tidak mungkin menggunakan kata-kata yang sulit dipahami oleh anak-anak.
- Terbaru, isi pesan dalam pemasaran harus menyesuaikan dengan apa yang sedang hangat saat ini. Tidak perlu mengikuti trend yang ada tetapi jangan sampai ketinggalan zaman.
- Interaktif, pengubahan pesan bisa dilakukan untuk memunculkan komunikasi timbal balik yang baik dan menghasilkan.
Jenis Direct Marketing
Pemasaran langsung atau direct marketing banyak diterapkan oleh perusahaan dalam memasarkan produknya. Berikut adalah jenis pemasaran langsung yang dilakukan oleh perusahaan:
Direct Mail
Direct mail atau surat langsung merupakan jenis pemasaran langsung dengan cara mengirimkan penawaran khusus atau sampel gratis kepada konsumen. Selain itu juga, dengan direct mail, penjual dapat memberikan informasi suatu produk dan mengingatkan sesuatu tentang produknya.
Manfaat yang dapat diambil dari direct mail adalah bisa dipersonalisasi, diuji dan juga diukur.
Dalam perkembangannya, strategi pemasaran menggunakan direct langsung telah berjalan cukup lama dan dalam bentuk yang berbeda-beda.
Media yang dapat digunakan antara lain, yaitu, surat, brosur atau e-mail.
E-Mail Marketing
Strategi pemasaran langsung menggunakan e-mail merupakan cara sederhana yang cukup hemat dan dapat terukur.
Menggunakan e-mail sebagai media promosi membuat pesan lebih tertarget dan dapat dipersonalisasi untuk membangun hubungan yang lebih baik dengan konsumen. Hal yang bisa dilakukan oleh e-mail marketing adalah dengan e-buletin dan promosi produk.
Selain itu, respon yang diakibatkan oleh pemasaran menggunakan e-mail ini dapat ditingkatkan dengan lebih mudah karena dapat diukur tingkat keberhasilan pemasarannya.
Pemasaran email adalah cara sederhana, hemat biaya dan terukur untuk menjangkau pelanggan Anda. Ini dapat mencakup e-buletin, email promosi untuk menghasilkan prospek atau penawaran baru untuk pelanggan yang ada, atau iklan yang dapat muncul di email bisnis lain. Pelajari lebih lanjut tentang pemasaran email.
Telemarketing
Selanjutnya ada telemarketing, merupakan strategi promosi yang sempat mendapatkan reputasi buruk selama bertahun-tahun di Amerika Serikat.
Namun, pemasaran langsung dengan telemarketing masih menjadi cara yang efektif dan murah untuk meningkatkan kesadaran dan juga penjualan.
Penggunaan telemarketing bergantung pada daftar panggilan yang baik, skrip yang efektif dan struktur kontak dan juga orang-orang yang terlatih untuk melakukan telemarketing.
SMS Marketing
Di zaman sekarang penggunaan SMS (short message service) mungkin terdengar tidak relevan karena kebanyakan orang jarang membuka dan menggunakan SMS.
Namun, pemasaran menggunakan SMS menjadi salah satu contoh direct marketing yang cukup digemari pada masa masanya.
Pesan mengenai promo, diskon atau peluncuran produk tertentu dapat digunakan pada SMS. Agar tepat sasaran, pemasar harus melakukan riset terlebih dahulu agar apa yang diharapkan dapat menjadi kenyataan.
Perpesanan teks memungkinkan bisnis menjangkau pelanggan individu dan mengirim pesan ke sekelompok besar orang dengan biaya rendah. Anda dapat menggunakan pesan layanan pesan singkat (SMS) untuk mengirim peringatan penjualan kepada pelanggan, tautan ke pembaruan situs web, pengingat janji temu atau pengiriman, atau pesan yang dipersonalisasi. Cari tahu tentang pemasaran teks (SMS).
Pemasaran SMS (layanan pesan singkat) menggunakan pesan teks berbasis izin untuk mempromosikan layanan atau produk perusahaan. Teks mengirimkan pembaruan, promo, dan informasi kepada pelanggan untuk meningkatkan kesadaran merek dan meningkatkan keterlibatan dan penjualan.
Pemasaran SMS adalah cara cepat dan hemat biaya bagi bisnis untuk mencapai target pasar mereka dan sangat efektif untuk demografi yang terdiri dari pengguna smartphone kelas berat.
Social Media
Media sosial dapat menjadi salah satu cara untuk melakukan strategi pemasaran langsung sekaligus cara untuk membangun brand awareness. Namun, beberapa perusahaan masih banyak yang mengabaikan peran media sosial dalam menjangkau konsumen yang lebih luas.
Padahal, peran sosial media jika dioptimasi secara baik akan mendatangkan berbagai manfaat yang berdampak pada peningkatan penjualan prioduk.
Selain mudah digunakan, tingkat efektif dan efisien pemasaran langsung menggunakan media sosial juga baik. Pemasar bisa menargetkan secara rinci pelanggan yang akan menjadi target.
Direct Selling
Strategi pemasaran langsung selanjutnya adalah penjualan langsung. Direct selling adalah strategi menjual produk secara langsung ke pelanggan, bisa ke rumah, tempat kerja atau yang lainnya.
Metode ini merupakan cara tradisional dengan menjual dari pintu ke pintu. Penjual bertemu langsung dengan pembeli dengan menawarkan produknya.
Online Marketing
Online marketing atau internet marketing sudah bukan hal yang sekarang dan cukup ampuh untuk digunakan dalam pemasaran langsung.
Internet membuat pemasaran langsung lebih mudah, lebih tertarget, lebih fleksibel, lebih responsif, lebih terjangkau, dan berpotensi lebih menguntungkan daripada sebelumnya.
Pemasaran internet adalah metode untuk mempromosikan layanan dan produk organisasi Anda melalui internet untuk menghasilkan lalu lintas dan bisnis baru. Jenis pemasaran ini adalah cara yang murah dan menjangkau luas untuk berkomunikasi dengan pasar sasaran Anda.
Optimisasi mesin pencari (SEO) adalah salah satu bentuk pemasaran internet yang paling populer. SEO membantu mengoptimalkan website bisnis untuk meningkatkan lalu lintas melalui hasil mesin pencari organik sekaligu dapat membangun brand awareness. Inisiatif pemasaran internet umum lainnya termasuk pemasaran afiliasi, pemasaran influencer, dan kampanye buletin.
Tujuan Direct Marketing
Sebagaimana yang kita sudah bahas diatas bahwa direct marketing merupakan cara memasarkan produk secara langsung kepada konsumen dengan berbagai jenis media yang telah disebutkan diatas.
Tujuan direct marketing adalah memasarkan produk (barang dan jasa) kepada konsumen secara langsung untuk mendapatkan dan meningkatkan pembelian dari konsumen.
Manfaat Direct Marketing
Penggunaan direct marketing masih sangat banyak pada saat ini dan digunakan oleh berbagai penjual di berbagai kalangan.
Berikut adalah manfaat direct marketing bagi konsumen dan juga penjual.
Manfaat direct marketing bagi konsumen
Penggunaan direct marketing akan mengakibatkan konsumen mengetahui bentuk, kelebihan dan juga kekurangan dari produk yang ditawarkan. Sehingga keputusan untuk melakukan pembelian tidak diiringi keraguan, sebab produk yang ditawarkan sudah didepan mata.
Selain itu, penggunaan email, katalog maupun berbagai jenis media yang lain akan membuat konsumen mempunyai peluang secara langsung untuk mengetahui secara rinci dan menanyakan produk yang ditawarkan.
Manfaat direct marketing bagi penjual
Bagi penjual dan pemasar, penggunaan direct marketing dapat menjangkau konsumen yang lebih spesifik dan demografi yang lebih jelas.
Selain itu, kemampuan pemasar dalam mempengaruhi pembeli akan sangat menentukan keberhasilan dalam strategi pemasaran langsung ini.
Semoga bermanfaat!