Secara umum, distribusi merupakan kegiatan dalam bidang ekonomi yang bertujuan untuk menyalurkan barang hasil produksi dari produsen kepada konsumen.
Didalam penyaluran barang hasil produksi, produsen tentunya harus mempertimbangkan faktor-faktor yang berpengaruh dalam pemilihan saluran distribusi yang dilakukan.
Disamping mendorong peningkatan penjualan, adanya pemilihan saluran distribusi juga dapat berdampak pada keberlangsungan hidup perusahaan menjadi lebih terjamin.
Berikut ini faktor-faktor yang mempengaruhi saluran distribusi barang hasil produksi yang terjadi antara produsen dan konsumen.
Pertimbangan Pasar
Faktor-faktor pasar yang harus diperhatikan dalam pertimbangan pasar sebagai berikut.
1. Konsumen dan Pasar Industri
Jika pasar yang terjadi pasar industri, maka kemungkinan kecil sistem ecer digunakan dalam saluran ini, bahkan tidak pernah digunakan.
Namun, bila pasar berupa konsumen dan pasar industri, maka perusahaan akan dapat menggunakan lebih dari satu saluran.
2. Jumlah Konsumen Potensial
Tidak semua pasar memiliki jumlah konsumen yang tinggi. Apabila dalam pasar tersebut jumlah konsumennya relatif kecil, maka perusahaan dapat melakukan penjualan secara langsung kepada konsumen.
3. Konsentrasi Pasar
Dengan melakukan konsentrasi pasar dalam suatu saluran distribusi tentunya akan meningkatkan hasil jumlah penjualan.
Jika daerah yang memiliki persaingan pasar yang tinggi, maka perusahaan dapat menggunakan cara distributor industri tersendiri/berbeda.\
4. Jumlah Pemesanan
Saluran yang digunakan pada perusahaan tentunya akan berpengaruh dan menentukan banyak/sedikitnya penjualan dari perusahaan.
Jika pembelian atau pemesanan barang oleh konsumen relatif kecil, maka perusahaan dapat memilih menggunakan distributor industri.
5. Kebiasaan Pembelian
Memiliki kebiasaan dalam melakukan pembelian dari konsumen dan pemakai industri tentunya sangat berpengaruh dalam kebijakan dalam penyaluran.
Pertimbangan Barang
Berikut ini pertimbangan barang sebagai faktor dapat mempengaruhi saluran distribusi.
1. Nilai Barang
Nilai suatu barang akan mempengaruhi saluran distribusi yang berlangsung. Jika nilai unit barang yang dijual relatif rendah, maka produsen akan lebih memilih menggunakan saluran distribusi panjang.
Namun, jika nilai unit barang relatif tinggi, maka saluran distribusi yang digunakan cenderung pendek atau langsung.
2. Besar dan Berat
Besar dan berat barang berkaitan dengan ongkos angkut dan tentunya manajemen perusahaan harus mempertimbangkan.
Tentunya apabila ongkos angkut terlalu besar dibanding nilai barang, sebagian beban tersebut dapat dialihkan kepada perantara. Dengan begitu perantara yang menanggung ongkos kirim.
3. Barang Mudah Rusak
Jika barang yang dijual mudah rusak, maka perusahaan tidak perlu menggunakan perantara.
Apabila perusahaan ingin tetap menggunakan perantara, harus memilih perantara yang mempunyai fasilitas penyimpanan yang cukup agar terhindar dari kerusakan.
4. Luasnya Produk Line
Jika perusahaan hanya membuat satu macam barang, maka penggunaan pedagang besar sebagai penyalur akan lebih baik atau maksimal.
Namun, bila macam barang yang diproduksi banyak, maka perusahaan dapat menjual langsung kepada pengecer.
Pertimbangan Perusahaan
Berikut ini segi pertimbangan perusahaan sebagai faktor yang mempengaruhi saluran distribusi.
1. Sumber Pembelanjaan
Dalam hal penggunaan saluran distribusi langsung atau pendek, pada umumnya memerlukan jumlah dana yang lebih besar.
Namun apabila perusahaan yang tidak kuat dalam kondisi keuangan, akan lebih cenderung menggunakan saluran distribusi yang lebih panjang.
2. Pengalaman dan Kemampuan Manajemen
Perusahaan yang menjual barang baru ataupun perusahaan yang memasuki pasar baru, biasanya akan lebih menyukai dengan menggunakan perantara.
Karena pada umumnya, para perantara sudah memiliki pengalaman sehingga manajemen perusahaan dapat mengambil pelajaran dari mereka.
3. Pengawasan Saluran
Didalam faktor pengawasan saluran terkadang menjadi pusat perhatian produsen dalam kebijaksanaan saluran distribusinya.
Pengawasan saluran ini bisanya akan lebih mudah dilakukan apabila saluran distribusinya pendek.
4. Pelayanan Kepada Penjual
Pelayanan kepada penjual sama halnya berkaitan dengan feedback yang diberikan.
Jika perusahaan yang menjalin hubungan dan memberikan pelayanan yang baik dengan perantara. Tentunya akan ada banyak perantara yang bersedia menjadi penyalurnya.
Semoga Bermanfaat!