Dunia digital memang berkembang sangat luar biasa dan mempengaruhi semua aspek kehidupan semua manusia.
Bisa dilihat saat ini perkembangan jual beli online yang semakin meningkat dari hari ke hari. Bukan tanpa alasan, karena memang hal tersebut sangat memudahkan.
Kita tidak perlu keluar rumah dan barang akan sampai ke rumah.
Saat ini setidaknya ada 2 trend yang berkembang, yaitu E-Commerce dan M-Commerce.
Pada artikel kali ini kita akan membahas kedua hal tersebut.
Mari kita mulai...
Apa itu E-Commerce
E-Commerce atau electronic commerce merupakan suatu proses jual beli di Internet. Hal ini mencakup semua aktivitas yang membantu menyelesaikan suatu transaksi, seperti, transportasi, perdagangan, asuransi, perbankan, periklanan.
Dalam hal ini tidak terjadi tatap muka antara penyedia produk dan konsumen.
Model bisnis eCommerce seperti, business to business (B2B), business to consumer (B2C) dan consumer to consumer (C2C)
terjadi pada tahun 1994, dengan pembelian pertama dilakukan melalui internet di Philadelphia.
Pada umumnya, eCommerce mengacu pada aktivitas jual beli online yang dilakukan melalui komputer atau laptop
Kelebihan E-Commerce:
Calon konsumen bisa melihat pengalaman pembeli yang lain melalui review produk sebelum memutuskan untuk melakukan transaksi.
- Penghapusan perantara
- Tidak ada batasan waktu
- Sederhana, aman, cepat dan nyaman
- Biaya tidak terduga lebih sedikit
Kekurangan E-Commerce
- Jika terjadi pengalaman yang buruk pada pelanggan maka akan mendaparkan umpan balik negatif, sehingga dapat berpengaruh kedepannya
- Tidak cocok untuk barang yang mudah rusak
- Biaya pengiriman yang mahal
Apa itu M-Commerce
M-Commerce atau mobile commerce merupakan perningkatan dari E-Commerce. Jika aktivitas perdagangan dilakukan dengan perangkat selular maka hal tersebut disebut mobile commerce.
Aktivitas yang bisa dilakukan sangat banyak, termasuk membeli, menjual, browsing, memesan, dan lain sebagainya.
Kegiatan seperti pemesanan tiket lewat ponsel, mobile banking, dan transfer uang sangat bisa dilakukan sekarang ini.
mCommerce juga banyak digunakan di berbagai bidang, misalnya agen perjalanan, makanan, IT, perbankan, farmasi dan masih banyak lagi.
Teknologi terbaru dibalik suksesnya M-Commerce adalah Wireless Aplication Protocol (WAP), Short Message Service (SMS), Bluetooth dan lain-lain.
Kelebihan M-Commerce
- Pelacakan lokasi
- Mengurangi biaya produksi
- Menyediakan akses toko yang mudah
Kekurangan M-Commerce
- Pengalaman pengguna kurang baik
- Memori ponsel yang kurang
- Tidak terlalu aman
E-Commerce | M-Commerce | |
---|---|---|
Sejarah | Berawal dari tahun 1970a-n | Berawal dari tahun 1990-an |
Perangkat | Komputer, laptop | Smartphone, tablet |
Jangkauan | Dengan push notification akan membuat jangkauan lebih luas | Terbatas |
Platform | Toko online | Toko online dan aplikasi native |
Keamanan | Mengandalkan keamanan web | Mengandalkan keamanan web dan juga keamanan di mobile |
Penggunaan Internet | Internet sangat dibutuhkan, tanpa internet transaksi tidak akan berjalan | Internet tidak terlalu wajib, tetapi sebagian besar mCommerce berjalan dengan internet |
Portabilitas | Tidak | Ya |
Pelacakan lokasi | Pelacakan lokasi sulit dilakukan karena perangkat tidak bawa | Pelacakan lokasi sangat mudah karena dibawa dan menggunakan bantuan GPS sehingga aplikasi mCommerce dapat memberikan konten yang sesuai |
Semoga bermanfaat!