Semakin berkembangnya media sosial yang sudah menjadi kebutuhan manusia ketika waktu luang, komunikasi massa menjadi semakin mudah dilakukan.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Komunikasi massa adalah penyebaran informasi yang dilakukan oleh suatu kelompok sosial tertentu kepada pendengar atau khalayak yang heterogen serta tersebar di mana-mana
Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian komunikasi massa menurut para ahli.
Mari kita mulai...
1. Brittner
Pengertian komunikasi massa menurut Brittner adalah suatu pesan yang dikomunikasikan lewat media massa pada jumlah orang yang banyak.2. Jalaludin Rakhmat
Menyatakan bahwa pengertian komunikasi massa adalah suatu jenis komunikasi yang ditujukan kepada khalayak, heterogen dan menimbulkan media elektronik sehingga pesan yang sama bisa diartikan serempak dan sesaat.3. Tan dan Wright
Mendefinisikan komunikasi massa sebagai suatu bentuk komunikasi yang menggunakan sarana atau media dalam menghubungkan komunikator dan komunikasi secara massal, jumlah yang banyak, tempat tinggal yang jauh, heterogen dan memicu efek tertentu.4. Gerbner
Pengertian komunikasi massa menurut Gerbner adalah produksi dan distribusi (penyaluran) yang berlandaskan teknologi dan suatu lembaga dari arus pesan berkesinambungan serta paling luas yang dimiliki orang-orang dalam masyarakat industri.5. Freidson
Mengartikan komunikasi massa sebagai jenis komunikasi yang tujukan untuk beberapa populasi dari berbagai kelompok, tidak hanya satu atau dua individu atau sebagaian khusus dari populasi.6. Joseph R. Dominick
Berpendapat bahwa komunikasi massa merupakan proses suatu organisasi yang kompleks dengan dibantu beberapa mesin memproduksi dan mendistribusi pesan untuk khalayak yang besar dan heterogen serta tersebar.7. Jay black dan Freederick C
Mengemukakan komunikasi massa adalah proses produksi pesan secara massal dan disebarkan kepada massa dalam cakupan penerimaan yang luas, anonim dan heterogen.8. William R. Rivers dkk
Mengartikan komunikasi massa dalam dua cara,1. Komunikasi oleh media
2. Komunikasi untuk massa
Komunikasi massa bukan berarti komunikasi untuk semua orang. Kenyataannya, media relatif memilih khalayak dan khalayak juga memelih media.
9. Mulyana
Menurutnya, komunikasi massa merupkan komunikasi yang menggunakan media, baik cetak maupun digital yang diatur oleh lembaga dan ditujukan kepada sebagian besar orang yang tersebat di banyak daerah, anonim dan heterogen.10. Bernard Barelson dan Gary A.
Kedua ahli tersebut mengartikan komunikasi massa sebagai perpindahan informasi, emosi, gagasan dan keterampilan dengan menggunakan simbol, gambar, kata, grafik, figur dan sebagainya.11. Raymon S. Ross
Pengertian komunikasi massa adalah proses memilih dan mengirim simbol sehingga membantu masyarakat membangitkan maka dari pikirannya yang serupa dengan makna yang diinginkan atau dimaksud komunikator.12. Shannon dan Waever
Komunikasi massa merupakan interaksi saling mempengaruhi satu sama lain, sengaja atau tidak sengaja. Komunikasi massa tidak terbatas pada bahasa verbal, namun juga dalam ekspresi wajah, lukisan, teknologi dan seni.13. Meletzke
Mengatakan bahwa komunikasi massa adalah bentuk komunikasi yang menyampaikan suatu penyataan secara terbuka lewat media penyebaran teknis secara tidak langsung dan satu arah kepada masyarakat umum yang tersebut.14. Josep A. Devito
Mengartikan komunikasi massa dalam dua definisi.1. Komunikasi massa merupakan sebuah komunikasi yang ditujukan kepada massa, kepada khalayak ramai yang sangat banyak. Tetapi cakupan dari khalayak ramai tidak mudah dedefinisikan.
2. Komunikasi massa adalah bentuk komunikasi yang disalurkan oleh pemancar audio dan visual atau gabungan dari keduanya. Komunikasi massa relatif mudah diartikan jika dilihat dari bentuknya, seperi TV, radio, majalah, surat kabar, buku dll.
Semoga bermanfaat!