Kita semua sudah tidak asing dengan yang komunikasi dengan
orang lain. Karena manusia adalah makhluk sosial, komunikasi merupakan hal yang
harus dilakukan untuk menunjang proses kehidupan.
Jika tidak berkomunikasi, penyampaian maksud dan tujuan kita tidak akan ditangkap oleh orang lain. Sehingga kita tidak bisa melakukan apa-apa.
Sama halnya dengan lingkup perusahaan atau organisasi.
Mereka juga butuh komunikasi untuk berhubungan dengan pihak lain guna memenuhi
kebutuhannya.
Jadi, baik individu maupun perusahaan pasti butuh komunikasi
ya.
Baca Juga: 13 Pengertian Ontologi Menurut Para Ahli
Kegiatan komunikasi tersebut tidak harus dilakukan langsung
melalui lisan maupun ucapan. Tetapi bisa melalui media perantara berupa media,
yaitu surat.
Pernahkan kalian mendengar kata korespondensi?
Kalau pernah tapi belum paham secara detail, kamu berada
ditempat yang tepat.
Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian
korespondensi menurut para ahli
Mari kita mulai…
1. Kamus Besar Bahasa Indonesia
Pengertian korespondensi menurut KBBI adalah perihal surat
menyurat atau berkirim-kirim surat.
2. Purwanto
Menyatakan bahwa korespondensi adalah suatu penyampaian yang
berupa maksud melalui surat dari satu perusahaan atau organisasi kepada perusahaan
atau organisasi lain dapat atas nama jabatan atau perorangan.
3. Finoza
Korespondensi merupakan kegiatan berkirim surat oleh organisasi maupun perorangan.
4. Priansa dan Garnida
Pengertian korespondensi menurut Priansa dan Garnida adalah komunikasi
antara pegawai dengan orang lain. Seperti pegawai dengan instansi atau
sebaliknya, pegawai dengan organisasi atau sebaliknya, instansi dengan instansi
dan organisasi dengan organisasi dan sebagainya dengan menggunakan media surat.
5. The Liang Gie
Korespondensi berasal dari Bahasa Inggris, correspondence yang
mempunyai arti hubungan antara pihak satu dengan pihak lain yang saling
berkirim surat. Biasanya dalam kegiatan resmi.
6. Nuraeni
Nuraeni berpendapat bahwa korespondensi berkaitan dengan pekerjaan
sekretaris yang terdiri dari:
a. Menerima dan memilih surat masuk
b. Menindaklanjuti surat masuk dengan menyampaikan ke pimpinan
c. Membuat dan Menyusun surat keluar
7. Sutrisno dan Renaldi
Mengatakan bahwa korespondensi adalah teknik membuat surat dan komunikasi menggunakan surat
8. Djuharie
Korespondensi diartikan sebagai komunikasi melalui surat
karena memudahkan manusia. Kemudahan yang didapat antara lain yaitu, biaya murah,
tidak terikat waktu dan tempat, jangkauan luas, dapat diarsipkan, surat sampai
ke tujuan sesuai dengan sumbernya dan surat dapat dibaca berulang kali.
Semoga bermanfaat!