Sebagai seorang pengusaha sudah seharusnya mengerti teknis-teknis untuk membuat produknya laku dan disukai oleh konsumen. Sehingga konsumen tersebut tidak hanya satu kali beli saja melainkan bisa menjadi pelanggan tetap.
Salah satu cara untuk membuat produk atau jasa menjadi laku adalah dengan menerapkan konsep pemasaran yang baik agar saat kita memproduksi barang tidak sia-sia.
Kita bisa menerapkan konsep bauran pemasaran.
Istilah bauran pemasaran sendiri pertama kali digunakan oleh Neil Borden yang terinspirasi dengan gagasan James Cullington yang Menyusun daftar elemen bauran pemasaran menjadi 12 aspek, yaitu:
1. Product planning
2. Pricing
3. Branding
4. Channel of Distribution
5. Personal selling
6. Advertising
7. Promotions
8. Packaging
9. Display
10. Servicing
11. Physical handling
12. Fact finding and analysis
Kemudian 12 aspek tersebut disederhanakan oleh Jerome Mc Carthy menjadi product, price, promotion dan place yang kemudian dikenal degan istilah 4P.
Apa itu bauran pemasaran?
Bauran pemasaran atau marketing mix secara sederhana adalah strategi pemasaran yang memadukan kegiatan untuk meningkatkan penjualan.
Pengertian bauran pemasaran menurut para ahli mempunyai sedikit perbedaan dalam kecenderangan mengartikan. Tetapi secara garis besar pengertian marketing mix menurut para ahli adalah sama.
Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai pengertian bauran pemasaran menurut para ahli.
Mari kita mulai…
1. Kotler & Amstrong
Pengertian bauran pemasaran menurut Philip Kotler dan Amstrong adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan oleh perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan dalam target pasar.
2. Sofjan Assauri
Mengatakan bahwa bauran pemasaran atau marketing mix adalah kombinasi kegiatan inti dari sistem pemasaran, yang mana kegiatan atau variabel tersebut dapat dikendalikan oleh pemasaran untuk mempengaruhi reaksi konsumen.
3. Mc Carthy
Menurut Mc Carthy bauran pemasaran dibagi menjadi 4p yaitu, product, price, place dan promotion
4. Buchari Alma
Mendefinisikan marketing mix sebagai suatu strategi yang mengkombinasikan kegiatan-kegiatan pemasaran supaya muncul kombinasi yang paling maksimal.
5. Sumarmi & Soeprihanto
Bauran pemasaran adalah kumpulan variabel yang digunakan perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen.
6. William J. Stanston
Bauran pemasaran merupakan sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kombinasi dari empat ini sistem pemasaran. Empat inti tersebut produk, harga, promosi dan distribusi.
7. Angipora
Berpendapat bahwa bauran pemasaran merupakan variabel pemasaran yang terkontrol dalam perusahaan yang digunakan untuk menghasilkan tanggapan pasar sasaran.
8. Kotler & Keller
Kotler dan Keller mendifinisikan bauran pemasaran sebagai alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mencapai tujuan perusahaan di pasar sasaran
9. Kismono
Menyatakan bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel yang merupakan inti dai kegiatan pemasaran yang terdiri dari strategi produk, harga, promosi dan distribusi.
10. Dhaimesta dan Irwan
Mngartikan marketing mix sebagai variabel yang digunakan perusahaan untuk memenuhi atau melayani kebutuhan dan keinginan konsumen
11. D. W. Foster
Pengertian bauran pemasaran menurut D. W. Foster adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan semua unsur pemasaran dan faktor produksi yang diterapkan guna mencapai tujuan perusahaan yang diinginkan.
Semoga bermanfaat!