Apa sih Bing Ads Itu? Apakah Sama Dengan Google AdWords?
by Patricia Adam (Flickr) |
Bing merupakan situs mesin pencari web yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search.
Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni
PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini
memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di
samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi
historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email.
Lalu apa sih Bing Ads itu?
Bing Ads adalah latform periklanan dari Microsoft yang dimana kita dapat mengatur iklan bisnis kita.
Disini kita bisa mengatur tempat penempatan iklan atau jaringan microsoft,
lokasi target pasar, bahasa, dsb.
Platform periklanan Bing Ads adalah teman terbaik anda dalam
pemasaran online. Mengerti apa saja fitur dan kelebihan dari alat ini, akan
meningkatkan bisnis dan penjualan anda.
Apa sih Perbedaan Bing Ads dengan Google Ads?
Apa sih Perbedaan Bing Ads dengan Google Ads?
Terlepas dari kemiripan yang dipunyai AdWords dan Bing Ads,
pasti ada sejumlah detil kecil yang membuat dua platform ini berbeda.
Penting untuk memahami perbedaan antara Bing Ads dan
AdWords, apalagi jika kalian ingin memakai dua platform ini. berikut ini perbedaanya;
1. Volume pencarian
Perbedaan pertama ini adalah perbedaan yang paling mendasar, yaitu volume pencarian antara bing ads dengan google adwords.
Bahwa, sekitar 63% pencarian online mengambil tempat di
Google, 23% di Bing, dan sisanya di berbagai platform yang kurang familiar
buat kalian.
Yang artinya, AdWords lebih banyak menyediakan impresi, klik, konversi,
juga penjualan kalau dibanding Bing. Tapi, Bing unggul dalam aspek fokus karena
minim kompetitor yang bermain.
Google punya lebih banyak volume pencarian, yang berarti
bisa melakukan hal lebih, yang berarti lebih kompleks, yang berarti kalian
harus berani membayar lebih banyak untuk tiap kliknya.
2. Cost-per-click (CPC)
Sebagaian data menyatakan bahwa harga rata-rata klik di Bing lebih hemat 33%-42% dibanding
AdWords.
Sebenarnya, harga tiap klik yang kalian bayarkan di Bing Ads
akan bergantung pada bisnis yang kalian iklankan, termasuk target pasar dan
keyword yang kalian bidik. Ini yang beda dengan AdWords.
Jika pertimbangan kalian menyangkut harga, Bing Ads jelas
pilihan terjangkau.
Dihitung secara kasar, AdWords menguasai 80% pasar mesin
pencarian. Dengan banyaknya pengiklan yang gabung AdWords, ini membuat
kompetisi internal makin sesak.
Di sisi lain, dengan Bing Ads kalian hanya akan berkompetisi
dengan setengah atau sepertiga jumlah kompetitor AdWords.
Dengan tingkat kompetisi yang terbilang rendah, ada peluang
iklan lebih sering muncul dan pengunjung tak banyak mendapat perbandingan
iklan. Yang artinya, ada potensi besar mendapat hasil lebih baik dengan
beriklan di Bing Ads.
4. Demografi
Dalam aspek demografi, ada perbedaan mencolok antara
pengguna Bing dan Google, yang pada selanjutnya berpengaruh ke tingkat konversi
iklan.
Bahwa berdasarkan data digital, pengguna Bing 40% berumur
35-54 tahun, 44% sudah menikah, dan rata-rata pemasukan rumah tangga lebih
tinggi tiap bulannya. Di kondisi lain, pengguna Google cenderung lebih muda.
5. Rasio konversi
Khusus untuk aspek ini, memang Bing 6% lebih rendah dalam
rasio konversi iklan dibanding AdWords.
Tapi di kondisi lain, rata-rata cost-per-lead (CPL) dari
Bing adalah lebih murah 6% dari AdWords. Dengan begitu, kalian akan membayar
lebih rendah di Bing untuk jenis iklan yang sama.
Dari perbedaan di atas dapat disimpulkan bahwa, Bing Ads dapat membantu kalian mengembangkan bisnis ke
tingkat lebih lanjut dengan pengaturan sederhana dan biaya murah.
Memang betul, Bing Ads tak sebesar AdWords, tapi tetap
merupakan platform iklan yang paling efektif untuk mendapat hasil luar biasa.
Kabar baiknya adalah, kalau kalian pernah memakai AdWords,
menambahkan Bing sebagai salah satu alat pemasaran akan semudah seperti klik
satu tombol untuk dua fungsi.
Meskipun kalian baru gabung di dunia iklan berbayar, Bing
Ads tetap merupakan satu platform iklan yang mudah dimengerti dan dioperasikan.
selamat bejalar Bing Ads!